Pengumuman

Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di blog ini, silakan kunjungi hurahura.wordpress.com

Senin, 16 Februari 2009

Arca Abad X Ditemukan di Bantul

Views


[YOGYAKARTA] Penggali sumur, Hadi Suwarno (52) dan dua rekannya masing-masing Kabul (45) dan Widi Utomo (40), menemukan arca yang diperkirakan berasal dari abad X saat menggali tanah di pekarangan milik Pracoyo, warga Dusun Godegan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (13/1).

Arca itu berbentuk tiga sosok manusia, satu berdiri dan dua berjongkok di sisi sosok utama. Di tangan kiri sosok utama tampak seuntai tasbih dan di tangan kanannya memegang guci. Kedua sosok di kanan kirinya, berjomgkok dengan posisi menyembah.

Seperti dikatakan Pracoyo pada Senin (14/1), staf Dinas Purbakala DIY sudah melakukan analisis awal dan mengatakan bahwa arca itu adalah arca Siva yang berasal dari abad X. "Dinas Purbakala akan membawa arca ini lima hari ke depan. Sekarang masih diletakkan di sini dulu," katanya.

Arca berukuran tinggi 70 sentimeter (cm) dengan lebar 40 cm itu ditemukan Hadi, saat melakukan penggalian dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. "Mendadak linggis saya membentur sesuatu yang keras sekali, kemudian kami melebarkan galian dan tampaklah arca itu," katanya.

Di sisi bahwah arca itu juga terdapat satu lempeng batu berposisi tegak. "Patung ini berat sekali, orang empat saja tidak kuat menggotongnya," katanya.

Pracoyo mengatakan, Dinas Purbakala DIY yang sudah datang untuk memeriksa, memang mengatakan bahwa kemungkinan besar di lokasi ini masih tersimpan beberapa arca lagi. Untuk itu Pracoyo mempersilakan Dinas Purbakala melakukan penelitian lanjutan.

"Halaman depan rumah saya ini, memang belum pernah dibangun. Sejak awal ketika saya membeli, tanah ini masih berupa padang tandus, jadi kemungkinan besar baru pertama digali," ucapnya. [152]

(Sumber: Suara Pembaruan, Selasa, 15 Januari 2008)

Tidak ada komentar:

BUKU-BUKU JURNALISTIK

Kontak Saya

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):

Jualan Buku Teks